Thursday, October 05, 2006

Syukur to 4JJ1 SWT


Semoga Allah menjadikan kita sebagai hamba-hamba yang pandai mensyukuri segala nikmat yang telah Allah curahkan. Semoga pula Allah memampukan kita untuk dapat mensyukuri semua nikmat tersebut dengan cara terbaik.Dr Quraish Shihab menyebutkan bahwa kata syukur biasa dipertentangkan dengan kata kufur. Dalam QS Ibrahim ayat 7 disebutkan, ''Kalau kamu bersyukur pasti akan Aku tambah untukmu (nikmat-Ku) dan kalau kamu kufur, sesungguhnya siksa-Ku amat pedih''. Penempatan kata syukur yang dipertentangkan dengan kata kufur disebabkan karena keduanya mengandung makna berlawanan. Syukur berarti menampakkan sesuatu ke permukaan, sedangkan kufur berarti menutupinya.



Apa makna dari Al Syakur ini? Lewat nama-Nya ini, Allah SWT memperlihatkan sifat-Nyayang tidak "egois". Allah SWT akan memberikan apresiasi tertinggi terhadap semua yang dilakukan hamba-Nya dengan "penghargaan" dan derajat kemuliaan, walau dalam pandangan manusia amalan tersebut sangat tidak berarti. Dalam Alquran disebutkan, Barang siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar dzarrah pun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula (QS Al Zalzalah: 7). Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak akan sedikit pun berbuat aniaya terhadap kebaikan orang Mukmin, penghargaan-Nya diberikan sewaktu ia di dunia dan di akhirat kelak pun ia akan mendapatkannya" (HR Ahmad).Bagaimana caranya? Pertama, meyakini bahwa segala sesuatu hanyalah milik Allah SWT atau tidak merasa dimiliki dan memiliki kecuali oleh Allah semata.

Kedua, selalu memuji Allah SWT dalam segala kondisi.
Ketiga, manfaatkan nikmat yang ada sebagai sarana taqarub pada Allah. B
Keempat, berterima kasih kepada orang-orang yang menjadi jalan nikmat dan kebaikan bagi kita.

Mulai sekarang ingat-ingatlah selalu kebaikan orang-orang yang menjadi jalan kesuksesan, menjadi jalan ilmu, dan jalan kebaikan bagi kita. Maksimalkan berbuat baik kepada mereka. Seandainya mereka telah tiada, jagalah hubungan baik dengan ahli warisnya, juga sahabat-sahabatnya, dan doakanlah mereka dalam ibadah-ibadah kita. Insya Allah dengan menjadi hamba yang pandai bersyukur, Allah akan membukakan pintu-pintu kebaikan bagi kita. Amin.
( KH Abdullah Gymnastiar )


No comments:

Post a Comment